Langsing Sehat

November 22, 2011

Sudah Benarkah SARAPAN PAGI anda…?

Filed under: Hidup Sehat — Tag: — oemahsehat @ 3:29 am

Sebagian besar orang makan berdasarkan keinginan mata mereka. Atau dengan kata lain, mata mereka menentukan apakah mereka perlu makan dan makanan apa yang seharusnya dimakan.

Padahal kenyataannya, MATA sama sekali tidak ada hubungannya dengan makanan. Tapi Pankreas lah yang mengatur semuanya!.

Pankreas adalah organ di badan kita yang memproduksi Gastric Juice dan Insulin.

Apakah Anda Tahu????
Badan kita terdiri dari 100 trilyun sel dan membutuhkan 114 macam nutrisi yang berbeda-beda. Dan itu harus kita penuhi!

Badan kita bangun di pagi hari dan menuntut 114 macam nutrisi. Dan… makanan apa yang kita berikan kepada tubuh kita di pagi hari????

2 Jenis Sarapan yang Berbahaya & Banyak Efek Sampingnya.

1. Sarapan Karbohidrat:
Di pagi hari, karbohidrat simple (cereal olahan, roti putih, roti panggang, nasi) akan menyebabkan kenaikan level gula darah yang mendadak, yang menyebabkan badan melepaskan jumlah insulin yang cukup besar. Hasilnya adalah penurunan tingkat kadar gula dalam darah dan keinginan untuk makan lebih banyak karbohidrat. Siklus ini berulang 2-3 kali sehari. Dan siklus naik turunnya kadar gula dalam darah ini memperberat kerja pankreas dan memperlemahnya. Ini adalah salah satu alasan utama penyebab Diabetes, tekanan darah tinggi dan kenaikan berat badan.

Ketika Anda Sarapan pagi dengan karbohidrat yang berasal dari roti tawar, mie, nasi, dll akan menyebabkan gula darah Anda melonjak drastis dan menghasilkan emisi besar Insulin. Insulin ini akan menyingkirkan gula dari gula darah, dan menyebabkan Anda akan sering KELAPARAN. Siklus ini berulang 2-3 kali sehari. Tak heran, Anda sering Lapar dan Ngemil menjadi penyebab Diabetes, Hipertensi dan OBESITAS!

2. Tidak Sarapan
Saat Anda tidak sarapan, gula darah Anda akan turun/drop di bawah tingkat normal. Anda akan merasa kelaparan dan penurunan tingkat energi. Anda akan kembali mengonsumsi karbohidrat simple untuk mendapatkan peningkatan kadar gula dengan cepat untuk mengatasi rasa lapar dan penurunan energi yang Anda alami. Karbohidrat simple ini akan menyebabkan kenaikan level kadar gula dalam darah secara mendadak yang menyebabkan badan melepaskan jumlah insulin yang cukup besar. Insulin akan mengambil kelebihan gula dalam darah dan merubahnya menjadi lemak. Hasilnya adalah penurunan kadar gula dalam darah dan keinginan untuk makan lebih banyak karbohidrat. Siklus ini berulang 2-3 kali sehari. Dan siklus naik turunnya kadar gula dalam darah ini memperberat kerja pankreas dan memperlemahnya. Ini adalah salah satu alasan utama penyebab diabetes, tekanan darah tinggi dan kenaikan berat badan.

Ketika Anda melewatkan Sarapan pagi, gula darah berada di bawah garis normal dan biasanya Anda akan mengalami kelaparan dan penurunan Energi yang Luar Biasa. Di posisi ini, tubuh Anda membutuhkan (baca: sakaw) karbohidrat secara instan untuk mengatasi rasa lapar dan penurunan energi (misal: permen, es krim, minuman bersoda). Karbohidrat inilah yang menyebabkan gula darah melonjak drastis dan menghasilkan emisi besar Insulin. Insulin menyingkirkan gula dari gula darah, mengubah kelebihannya menjadi LEMAK dan menyebabkan Anda lebih sering LAPAR lagi dan ngemil.
Siklus ini berulang 3x sehari. Tak heran. Anda sering kelaparan dan ngemil menjadi penyebab Diabetes, Hipertensi dan OBESITAS!

Sarapan yang baik Berdasarkan Protein & Nutrisi
Sarapan seperti ini akan mensuplai badan kita dengan nutrisi penting dan energi tanpa meningkatkan kadar gula dalam darah dan kadar insulin. Sarapan pagi seperti ini akan menghindarikan kita dari ketergantungan terhadap karbohidrat setiap hari. Dengan cara ini nafsu makan dapat terkontrol dengan baik, keinginan makan makanan berkarbohidrat (cemilan, coklat, kue, junk food, soft drink, nasi dan mie) akan berkurang. Sebagai hasilnya badan akan menggunakan kelebihan lemak yang tersimpan dalam tubuh untuk mendapatkan energi atau sebagai sumber energi.

Sarapan ini menyediakan semua gizi vital dan energi tanpa menambah kadar gula dan insulin. hal ini juga mencegah terjadinya kelaparan sepanjang hari. Anda lebih waras, karena mampu mengontrol keinginan untuk ngemil (gorengan, snack, coklat, biskuit, softdrink, dll) dan tubuh Anda mendapat energi dari cadangan Lemak. Anda akan merasa lebih bertenaga sepanjang hari.

Semua orang perlu sarapan pagi yang baik, dan lebih khusus lagi untuk :

• Orang2 yang sering stress di pekerjaan.
• Lingkungan kerja yang tidak sehat
• Perokok
• Pengkonsumsi Alkohol
• Atlit
• Manula
• Ibu Hamil & Menyusui
• Anak kecil & pelajar
• Orang2 dengan kesehatan yang buruk

Apa Kriteria Sarapan pagi yang Baik?
1. Memberikan tubuh kita semua nutrisi yang penting
2. Memberikan tubuh kita untuk energi yang baik sepanjang hari
3. Memberikan tubuh kita asupan air yang baik
4. Membantu menjaga tingkat kadar gula dalam darah kita tetap normal

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: